Memulai Usaha Online dari rumah

Rekomendasi Kampus Di Indonesia Ini Menawarkan Program Kuliah Online

Published (updated: ) in Membuat Usaha.

Secara logika selama kuliah online mahasiswa tidak menggunakan prasarana apa pun dari kampus, bahkan untuk kuota internet tidak semua kampus memberikan kuota gratis. Kalaupun ada kuota free of charge tidak sepadan dengan UKT yang mereka bayarkan. Dengan trendingnya hastag tersebut mahasiswa berharap mendapat keringanan biaya UKT. Kesiapan mental dan fisik sebagai pelajar yang akan menjalani kebiasan baru, membuat kita harus lebih baik dalam memerhatikan diri sendiri.

Salah satu tanggung jawab yang dapat kamu lakukan adalah hadir dan tiba di ruang kelas digital tepat waktu. Oleh karena itu, kamu tidak perlu ragu untuk bertanya terutama jika masih ada materi yang belum dipahami. Pandemi COVID-19 yang belum mereda hingga saat ini memberikan dampak pada mahasiswa. Tidak hanya mahasiswa di Indonesia, akan tetapi hampir di seluruh dunia pun tidak bisa mulai melaksanakan perkuliahan secara tatap muka. Hal tersebut disebabkan oleh larangan berkumpul dalam skala besar guna mencegah penyebaran COVID-19. Karena hal tersebut mahasiswa diharuskan belajar secara on-line atau daring.

Solusi lain, Oges meminta agar pihak akademik membuat sistem pembelajaran yang sistematis dan efektif agar penyampaian materi lebih mudah di pahami. Namun ia juga menegaskan, pihaknya tak ingin pendidikan jarak jauh malah mengurangi kompetensi belajar di kampus. Mahasiswa harus dipastikan mendapat Satuan Kredit Semester yang sama ketika belajar dari rumah. Di kelas konvesional, biasanya tidak lebih dari lima pertanyaan yang dia terima untuk satu pertemuan. Di kelas daring, ketika dia meminta mahasiswa mengirim pertanyaan sebelum kelas dimulai, setidaknya ada 50 pertanyaan disampaikan.

Ikuti jadwal tersebut dengan disiplin dan jika perlu pasang alarm untuk mengingatkanmu. Program perkuliahan sesuai dengan minat dan bakat yang belum tentu ditemukan pada perkuliahan reguler. Kendala lainnya, yakni beberapa kompetensi softskill dan technical ability sulit diajarkan. Selain itu, mahasiswa dituntut mempunyai kesadaran diri untuk belajar dan berkembang.

Munculnya berbagai keluhan ini, bukan karena kuliah on-line tidak mampu memberikan hasil terbaik bagi proses pembejalaran. Tenyata, yang menjadi penyebabnya adalah metode yang kurang tepat dalam menjalani kuliah on-line. ACEH BARAT – Mahasiswa Universitas Teuku Umar Meulaboh protes atas banyaknya tugas kuliah yang diberikan selama diterapkannya sistem kuliah daring atau on-line. Kuliah daring yang sejatinya dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Diasease atau COVID 19, namun dinilai malah menekan psikis mereka dengan beban tugas yang padat, bahkan dianggap hampir tidak adanya ruang istirahat. Terkait partisipasi mahasiswa, Andi mencatat kuliah daring justru jauh lebih baik dibanding kelas konvensional.

Jokowi juga mengatakan bahwa kuliah daring akan menjadi sesuatu yang biasa di masa mendatang. Dengan membuat jadwal kegiatan sehari-hari, segala aktivitas di rumah tetap bisa terorganisir dengan baik termasuk kegiatan perkuliahan secara on-line. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Departemen Pendidikan Amerika Serikat, perolehan nilai akademis dari kegiatan perkuliahan secara on-line dinilai lebih tinggi dibandingkan dengan mahasiswa yang berkuliah secara konvensional. Sesuai sebutannya, kuliah online merupakan kegiatan perkuliahan yang sepenuhnya dilakukan secara online atau daring . Jika beberapa waktu lalu kuliah bersifat konvensional atau harus tatap muka dengan dosen di kampus, maka saat ini bisa dilakukan secara on-line atau daring dalam jaringan.

Kuliah Online

Mahasiswa juga harus membuat jadwal sendiri, dan bisa memotivasi sendiri agar bisa menyelesaikan waktu sesuai yang dijadwalkan. Biaya kuliah on-line bisa 40% lebih murah jika dibandingkan dengan perkuliahan reguler. Biaya kuliah bisa lebih rendah karena fasilitas yang dinikmati tentu saja lebih terbatas jika dibandingkan dengan kuliah di kampus.

Melalui konsep belajar Pendidikan Jarak Jauh yang ditawarkan, mahasiswa bisa mengambil beberapa kredit sks secara online dengan perangkat pembelajaran on-line yang disediakan. Beberapa program studi yang bisa Pinters ikuti di kampus ini antara lain S1 akuntansi, S1 Teknik Informatika, S1 Sistem Informasi, S2 Teknik Informatika, S2 Sistem Informasi, dan S2 Teknik Industri. Program kuliah on-line yang diadakan di Binus ini sudah terselenggara sejak tahun 2008. Sejauh ini, kuliah on-line begitu membantu dalam meningkatkan proses belajar dan mengajar yang tidak dapat dilakukan di kelas nyata karena adanya keterbatasan ruang dan waktu dalam belajar. Salah satu sistem untuk memulai kuliah on-line bagi perguruan tinggi adalah SEVIMA EdLink, yang menyediakan beragam fitur untuk menunjang proses belajar dan mengajar mahasiswa serta dosen.

UNSRAT sebagai Universitas yang unggul dan berbudaya, meningkatan mutu dalam segala bidang serta layanan akademik harus menjadi kunci utama. Hal ini juga diimplementasikan melalui kontribusi terhadap Pengabdian kepada masyarakat, serta peningkatan kuantitas dan kualitas pengabdian kepada masyarakat berbasis riset. Jika diyakini tidak akan meningkatkan penyebaran Covid-19, mahasiswa/penghuni asrama dan nonasrama dianjurkan untuk kembali/pulang ke rumah orang tua masing-masing. Apabila tidak dimungkinkan untuk kembali/pulang, maka harus melaporkan diri ke Kepala Urusan (Ka.Ur) Kemahasiswaan Fakultas. Materi perkuliahan pun tetap sama, sesuai dengan jurusan dan kompetensi para pengajar.

Dengan mengikuti kuliah online, maka sangat membantu para pekerja untuk melanjutkan pendidikan lanjut dan tentunya sangat efektif sesuai dengan waktu kerja mereka. Materi pembelajaran cenderung lebih sulit untuk diserap karena selain karena permasalahan teknis, sepertisignal, kuota, dan teknologi yang terbatas, mahasiswa tidak bisa selalu bertemu langsung dengan dosen sehingga komunikasi menjadi terhambat. Nasir menjelaskan, bagi perguruan tinggi yang berada di wilayah Maluku dan Maluku Utara sangat best jika menerapkan kuliah daring. Selain karena jumlah dosen yang terbatas wilayah yang terdiri dari kepulauan sangat tidak menunjang jika bertumpu pada kuliah tatap muka. Maka dari itu dia meminta agar Kopertis wilayah XII agar bisa bekerjasama dengan kampus yang sudah menjalankan kuliah daring. “Supaya proses pembelajaran bisa makin baik dan menjangkau lebih luas lagi,” katanya.