Memulai Usaha Online dari rumah

Karang Taruna Desa Massaile, Jadi Semangat Pemuda Dalam Berkarya

Published (updated: ) in Membuat Usaha.

Baginya, sangat tepat bagi siapa pun untuk menghabiskan uang untuk berinvestasi pada pendidikan. Walaupun ia baru saja pulang dari Amerika Serikat, setelah lulus Magister Bisnis Administrasi Stanford Graduate School of Business dan Magister Admintrasi Publik Harvard Kennedy School of Government . Selain Maudy Ayunda yang begitu memerhatikan pendidikan di Indonesia, Belva, walaupun berasal dari kalangan biasa, juga melakukan hal serupa. Pertemuannya dengan rekan kerjanya, Iman Usman, menjadikan ia dan Iman sebagai pendiri startup pendidikan berbasis teknologi. Sineas film muda ini mampu membuktikan bahwa karya film dari Indonesia bisa diapresiasi dalam festival movie berskala internasional. Film pendek karyanya yang berjudul Prenjak menjadi Film Terfavorit di competition film Cannes, Perancis.

Tahun ini merupakan tahun kedua FISHUM memberi panggung bagi mahasiswa berprestasi untuk berbagi dengan mahasiswa lainnya. Tampak tidak hadir dalam acara kali ini, Dr. Mochamad Sodik juga menitipkan salam kepada seluruh narasumber dan mahasiswa yang hadir. Beliau merasa bangga dengan adanya semangat berkarya dari mahasiswa.

Pemuda yang berkarya

KETUA DPW Partai Berkarya DKI Jakarta Tony Akbar Hasibuan mengajak anak muda Indonesia untuk Berkarya, dihadapan peserta seminar bertema Indonesia Recovery New Normal – Anak Muda Berkarya untuk Jakarta, di Grand Mangaradja, Jakarta, kemarin. Menurutnya, jika semangat itu telah tumbuh di dalam diri, maka pandemi Covid-19, tidak menjadi penghalang bagi generasi muda untuk tetap terus berkarya. Lubuk Basung, AMC – Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-92 tahun 2020, dijadikan sebagai momentum bagi generasi muda untuk meningkatkan semangat dan terus berkarya serta berprestasi, meskipun di tengah pandemi Covid-19. Agent of change atau agen perubahan adalah pihak-pihak yang menjadi kunci terjadinya perubahan secara progresif dalam suatu bangsa. Agent of growth adalah pihak-pihak yang memiliki potensi untuk membawa pembangunan dalam sendi-sendi kehidupan masyarakat.

LBH BKB berusaha memberikan bantuan kepada masyarakat menengah ke bawah dan yang teraniaya dan mengadakan penyuluhan secara cuma-cuma. Selain infrastruktur yang dibuat, RBK di bawah naungan YBKB pun kerap mengadakan seminar membaca dan menulis. Menanamkan pentingnya membaca kepada para peserta seminar lalu menuangkan karya mereka melalui tulisan.

Untuk mengisinya, Majelis Al-Balad yang didukung oleh YBKB melakukan banyak kegiatan positif. Dengan tema Festival Ramadhan, kegiatan ini meliputi lomba cerdas cermat, tadarus bersama, yang kemudian dilanjutkan dengan berbuka puasa bersama adik-adik yatim dan dhuafa sebanyak 50 orang di setiap harinya. Di tahun kedua, RBK menambahkan kegiatan wisata belanja buku di toko buku yang cukup terkemuka. Dengan tujuan agar adik-adik dan para relawan mulai menyukai kegiatan membeli buku.

Hal ini ditanggapi oleh Basarah sehingga ucapannya diaporkan oleh loyalis Soeharto tersebut. Basarah bilang, program pemberantasan korupsi dilahirkan dari Ketetapan MPR No eleven tahun 1998. TAP MPR itu, menjadi dasar penegakan hukum atas dugaan tindak pidana korupsi oleh mantan Presiden Soeharto. Kelompok Pemuda Peduli Soeharto datang mengenakan pakaian yang mencantumkan nama dan logo Partai Berkarya. Ditambah, Oktoberian merupakan Ketua Umum Angkatan Muda Partai Berkarya, sekaligus menjabat sebagai Wasekjen pemuda dan olahraga DPP Partai Berkarya.

Meriyaldi sampaikan pembentukan kepengurusan ini juga bertujuan untuk meningkatkan silaturrahmi pemuda-pemudi Nagari Limo Kaum khususnya di Jorong Balai Labuah Bawah. Memacu kaum muda agar dapat berpartisipasi aktif dalam medukung program pemerintah kedepan. Pada kesempatan tersebut wabup juga berikan apreseasi pada wali nagari yang peduli akan generasi muda ini, serta berpesan pada orang tua agar selalu mengawasi anak kemenakan kita jangan sampai terkontaminasi arus globalisasi dan terseret dengan yang namanya Narkoba. Dimana dapat kita ketahui zaman sekarang sudah banyak masyarakat para pengguna internet, atau sering kita sebut sebagai warganet. Dimana masyarakat semakin berinovasi dengan bantuan teknologi tersebut sehingga informasi bisa dijangkau oleh siapapun dan dimanapun.

Mari kita sebagai generasi penerus bangsa mulai mengurangi dan meninggalkan kebiasaan yang kurang positif dan menyiapkan diri untuk menyambut segala peluang yang ada. Direktur LiveMe Indonesia, Mareta Rein mengatakan, di era digital ini anak muda Indonesia menghadapi tantangan yang beragam. Tantangan kini bukan lagi penjajahan bangsa asing seperti para pendahulunya, melainkan tantangan untuk lebih maju dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan budaya yang serba digital. “Saya berharap pada masyarakat dan generasi muda Aceh Generasi khususnya untuk membangunkan jiwa dan raganya dengan berkarya nyata yang di implementasi pada masyarakat banyak dengan berinovatif mengikuti perkembangan zaman period digital sekarang,” tutur Polem. Bagi yang kalian yang belum tau, kalimat tersebut merupakan visi dari PIDAS.

Yakni, nilai mana yang perlu diimplementasikan dan nilai apa yang bertentangan dengan Pancasila. Teori-teori yang selama ini sudah khatam menjadi pegangan masyarakat, sudah saatnya diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Mengaplikasipan Pancasila pada kehidupan sehari-hari dengan tindakan yang terkecil adalah panggilan untuk semua pihak.