Memulai Usaha Online dari rumah

Danramil 1325 Langensari Banjar; Pemuda Harus Berkarya Dan Produktif

Published (updated: ) in Membuat Usaha.

Pendidikan merupakan dasar penentu generasi bangsa, agar dapat memiliki kompetensi diri untuk dibaktikan di lingkungan masyarakat guna kemajuan bangsa dan negara. Berawal dari iseng menawarkan helm hasil pembuatannya di media sosial Instagram RG Helmet, Iponk tidak menyangka akan mendapat respon baik dari kalangan masyarakat hingga ke luar negeri, seperti Italia, Korea, Malaysia dan Singapura. Harga helm yang dia jual juga berbeda, baik untuk pasaran daerah Sukabumi, maupun luar negeri. “Sebagai anak bangsa, para pemuda harus mempunyai peran dalam mengisi kemerdekaan ini. Karena itu harus bisa menunjukkan jati dirinya dengan berbagai kegiatan berbentuk karya. Sesuai dengan kompetensi masing-masing,” kata Danramil 1325 Langensari Banjar, Mayor.

Komunitas yang berdiri sejak 13 Januari 2013 ini memiliki visi yaitu melahirkan generasi yang beradab melalui gerakan literasi. Dengan visi menghasilkan generasi yang cerdas, mandiri, dan berakhlak mulia. Dan misi YBKB yaitu menggali, membina, dan mengembangkan potensi masyarakat dalam berbagai bidang untuk mempunyai sikap bertanggung jawab terhadap keluarga, lingkungan, agama, bangsa, dan negara. Maka YBKB memilih langkah dengan mengembangkan 4 bidang, diantaranya bidang pendidikan, sosial kebudayaan, keagamaan, dan hukum. Harapan Wabup kepada pemuda-pemudi kabupaten sambas juga bisa berkontribusi bagi negeri ini. Dengan kreatifitas dan inovasi positif menghadirkan ide-ide terbaik bagi pembangunan bangsa dan daerah.

“Sebagai satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia, Sumpah Pemuda merupakan kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia,” ujar Polem Muda. Zulkifli Salah Satu Pemuda desa Massaile mengungkapkan bahwa dengan pembentukan Karang Taruna ini dapat menjadi jembatan bagi pemuda untuk menuangkan ilmu yang pernah didapat dalam mengabdi pada desa. Senada, Ketua Pelaksana Amar Ramzi mengatakan bahwa seminar ini sengaja dibuat untuk menggantikan acara yang rutin dilaksanakan yakni donor darah. “Supaya ada inovasi dan bagian dari bentuk keprihatinan terhadap maraknya narkoba jenis baru yang begitu mudah didapatkan,” paparnya. Dengan mengisi formulir ini kamu setuju untuk mendapatkan surel nawala atau informasi lain dari Good News From Indonesia.

Pemuda yang berkarya

Pada masa pandemi ini, Tono juga mulai belajar membuat face protect dan setiap harinya dapat membuat 30 face shield. “Untuk saat ini pegawai saya ada 2 penyandang disabilitas, namun tidak menyurutkan semangat mereka untuk meraih masa depan yang gemilang,” pungkasnya. Sebagai penyandang disabilitas tak menjadi pembatas untuk berkreatifitas. Remaja asal dari Desa Panjunan Kecamatan Kalitidu ini bekerja sehari-hari sebagai salah satu karyawan perusahaan swasta di Bojonegoro. Mari kita bandingkan dengan kabupaten yang lagi maju, banyak instansi-instansi pemerintahan, teknologi mereka dari tahun ketahun semakin maju, dan meningkat banyak instansi-instansi pemerintah swasta berdiri seperti pabrik dan tempat perkuliahan.

Dalam rangka memperingati Sumpah Pemuda ke-92 dengan tema Bersatu dan Bangkit, Direktorat SMK, Kemendikbud membuat acara SMK Berkarya Untuk Negeri. Peserta Didik SMK diberikan keteladanan dari kisah para pembicara dan ajakan untuk berkontribusi dengan cara berkarya sesuai bakat dan minatnya masing-masing, bijak bermedia sosial, dan menjauhkan diri dari hal-hal yang bersifat anarkis dan merugikan oranglain. Ni Wayan Supriliyani, S.Sos.,M.AP, Kaprodi Administrasi Negara dalam sambutannya menuturkan, untuk melakukan perubahan diperlukan adanya ide-ide kreatif dan inovasi dari kalangan pemuda sebagai penerus banngsa. Jangan hanya bergantaung ingin menjadi pegawai atau PNS saja namun mulailah berfikir untuk berdiri sendiri menjadi entrepreneur.

Pada dasarnya, televisi diciptakan untuk menjadi sarana menyampaikan informasi dan hiburan. Kehadiran televisi dalam hidup kita pun berperan penting dalam memengaruhi pola pikir dan tindakan masyarakat. Namun, televisi juga bisa menjadi medium yang berdampak buruk jika konten di dalamnya tidak diperhatikan secara seksama. Menurut saya anak-anak mudah masih belum ada banyak pertimbangan seperti orang-orang seumur saya atau para seniman senior. Belum ada tanggung jawab pada gambaran diri mereka sehingga masih melakukan banyak eksplorasi dan bebas untuk berekspresi. Kadang kami yang berasal dari generasi sebelumnya cenderung lebih pasif menghadapi sesuatu karena sudah tahu untung rugi.

Seringkali tim kami meminta mereka untuk membuat ekshibisi yang mungkin tidak akan ada pengunjungnya. Kemudian membiarkan mereka menganalisa mengapa tidak mendatangkan pengunjung. Maksud saya adalah agar mereka bisa tahu bagaimana mengalami kesuksesan dan mengalami kegagalan sehingga tidak melulu berharap berhasil. Dalam proses mereka memunculkan ide, kami pun sering melakukan dialog secara komunal.

Event yang sudah berjalan kali ketiga ini, menampilkan berbagai kreasi anak muda yang tahun ini terpusat di GOR Tri Lomba Juang, Mugasari Semarang. Di era percepatan informasi dan teknologi saat ini, maka kita seharusnya memiliki jaringan yang kuat. Semakin luas jaringan maka semakin besar pula sumber daya yang dapat dikelola.

Pada momen ini, Bupati Kabupaten Kobar Hj Nurhidayah mengajak para pemuda untuk berkarya. Pengurus Komunitas Jendela Lampung, Mia Sumiati, mengungkapkan komunitas Jendela memiliki kepedulian terhadap anak-anak. Sebab, inilah generasi penerus dan di tangan merekalah masa depan bangsa ditentukan. Jika mendengar kata desa, hal yang terpintas dalam pikiran kita adalah sebuah daerah dengan keterbelakangan dari segi teknologi, infrastruktur, dan hal-hal tertinggal lainnya. Selain hal tersebut, jika mendengar kata desa yang terlintas dalam benak kita adalah sebuah daerah dengan keadaan ekonomi yang serba-serbi kekurangan.

Karena pengalamannya mengikuti berbagai ajang bergengsi, saat ini dirinya lebih banyak mengetahui budaya Nusantara ketimbang sebelum ia memasuki jalan hidupnya sebagai pemuda yang berprestasi. Secara de facto, pada 17 Agustus 1945, Indonesia menyatakan diri sebagai negara bangsa yang siap untuk berdiri tegak di atas tanah Air berasaskan Pancasila, merdeka. Dibacakannya teks proklamasi oleh Bung Karno seventy one tahun silam, menjadi tonggak awal perjalanan bangsa Indonesia menuju kemerdekaan sejati. Anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur , Riskon Fabiansyah menginginkan momen Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2019 ini bisa memacu para pemuda, untuk terus bisa berkarya dan bekerja keras di zaman yang serba trendy. Selain program-program dari semua bidang tadi, masih terdapat program lainnya. Dimana YBKB membeli lahan-lahan dan mengembangkannya untuk kepentingan wakaf.