Memulai Usaha Online dari rumah

Anak Muda, Ini Saatnya Berkarya Untuk Bangsa!

Published (updated: ) in Membuat Usaha.

Menyambut hal di atas, belakangan ini banyak sekali bermunculan gerakan literasi, terutama yang digerakkan oleh individu atau perorangan. Mereka berjuang dengan sukarela demi terjangkaunya literasi di tengah-tengah masyarakat, bahkan tidak sedikit dari mereka yang rela mengeluarkan uang pribadi untuk memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana yang dibutuhkan. Karena itu, banyak bermunculan perpustakaan, taman baca, dan sejenisnya yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia. Program yang diselenggarakan oleh Nyalanesia bekerja sama dengan Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Bantul ini merupakan bagian dari program pengembangan literasi di masyarakat.

Para pemuda-pemuda yang ikut turut ikut berperang untuk kemerdekaan di Indonesia kala itu tidak hanya dikenal sebagai pemberani tapi juga pintar dan intelektual. Banyak dari pemuda Indonesia kala itu rela memutuskan pendidikan mereka di negara orang dan kembali ke Indonesia demi ikut membantu tanah air lepas dari para penjajah. Ketua DPP Bidang Pemuda dan Olahraga PDIP Sukur Nababan menuturkan saat ini hampir 35 persen anak muda Indonesia agak apatis. Kata dia, spirit sumpah pemuda adalah mewujudkan Indonesia tanpa diskriminasi dalam segala bidang dan pemuda harus terus mengembangkan potensi diri untuk membangun. JAKARTA – Politisi muda, Edhie Baskoro Yudhoyono mengajak generasi muda Indonesia memperingati Hari Sumpah Pemuda, dengan mengobarkan semangat dan cita-cita untuk mewujudkan Indonesia maju dan sejahtera.

Melalui langkah inilah, ada arus yang akan membawa seseorang untuk berhenti mengejar uang dan membuat uang yang akan mengejar kita. Ayu Kartika Dewi adalah penemu organisasi SabangMerauke yang merupakan singkatan dari Seribu Anak Bangsa Merantu untuk Kembali. SabangMerauke bisa dikatakan adalah organisasi yang bergerak di bidang pendidikan dan kemanusiaan.

Pria yang akrab disapa Eyang Habibie itu dapat menyelesaikan gelar doktoral dan profesor pada umur 26 tahun. HAMPIR semua perubahan besar terhadap tatanan dunia dilakukan oleh pemuda-pemuda hebat.

Pemuda yang berkarya

Dengan berkontribusi di kegiatan ini, maka kita pun dapat meminimalisir hal-hal terburuk yang mungkin akan terjadi menimpa generasi muda di masa mendatang. Disinilah Rumah Belajar Kita hadir, salah satu komunitas binaan YBKB, yang mencoba menanamkan nilai dan prinsip RBK yaitu semangat belajar, semangat berkolaborasi, dan semangat berbagi. Tentunya dengan membuat kegiatan-kegiatan yang menyenangkan dalam menimba ilmu.

“Terlebih sekarang ini kita dihadapkan pada pandemi jiwa, justru itu semangat anak muda diharapkan untuk membangun kebersamaan, semangat gotong royong, dan terus berkarya untuk bangsa dan negara,” ungkapnya. Kurangnya apresiasi dari masyarakat sekitar juga menyebabkan banyak generasi muda yang merasa insecure atau tidak percaya diri dalam membuat sebuah karya. Padahal generasi milenial di Indonesia bisa menjadi pusat perhatian dengan berbagai karyanya yang tergolong gemilang. Contohnya ketika seseorang memposting sebuah karya di akun sosial media mereka, sebagian besar warganet memberikan tanggapan atau kritik negatif yang tidak membangun sehingga orang tersebut menjadi tidak percaya diri dalam membuat sebuah karya kembali.

Generasi muda banyak menyimpan potensi yang sangat luar biasa untuk memimpin pembangunan desa. Mereka bisa menjadi motor penggerak keberlanjutan pembangunan dengan pemikiran-pemikiran kontemporer yang kekinian. Aktivitas pemuda saat ini sangat adaptif dengan perkembangan teknologi informasi masa kni yang modern, tentunya hal tersebut bisa menjadi modal jitu untuk menciptakan ide-ide serta gagasan yang hebat. Oleh karena itu, generasi muda saat ini harus sadar bahwa mereka punya peran penting dalam pembangunan di desa. Untuk itu, sudah selayaknya mahasiswa sebagai generasi muda penerus bangsa memanfaatkan bekal pendidikan tinggi dalam mengisi kemerdekaan melalui beragam kegiatan baik yang bersifat akademik maupun non-akademik. Aktivitas akademik mahasiswa di antaranya mencakup kegiatan perkuliahan, diskusi atau discussion board akademik, karya ilmiah mahasiswa, hingga berpartisipasi dalam penelitian dosen.